Cara Membuat Seblak Kering


Kali ini kita akan membongkar cara membuat seblak kering, berbeda dengan seblak basah, seblak kering lebih mudah untuk dibuat, kita cukup menemukan kerupuk aci atau kerupuk bawang kesukaan kita, dan tinggak kita siapkan beragam bumbu yang sudah pernah terbukti pas atau cocok dalam membuat seblak kering.

Pertama kita siapkan cabai merah kering, bagai mana kita mengetahui cabai merah kering yang bagus, cabai merah kering yang bagus memiliki tanda cabai yang utuh dengan permukaan berminyak dan tidak memiliki kadar air yang banyak, permukaan cabai merah terlihat licin menandakan berasal dari cabai merah yang segar, mengapa kita membutuhkan cabai yang bagus dikarenakan cara membuat seblak kering yang bagus berasal dari cabai kering yang bagus pula.

Selanjutnya kita siapkan bawang merah dan bawang putih, dengan perbandingan 2:1, setiap 2 bawang merah kita siapkan 1 bawang putih, untuk menjaga rasa dan aroma agar seimbang.

Terakhir kita harus menyiapkan kerupuk bawang atau kerupuk aci pilihan kita, jangan lupa sediakan minya untuk menggoreng dan penyedap rasa pilihak kita, bisa menggunakan penyedap rasa ayam ataupun sapi, saya lebih menyukai penyedap rasa yang memiliki rasa sapi.

Untuk cara penyediaanya, pertama kita siapkan bumbu-bumbu yang terdiri dari cabai, bawang merah dan bawang putih, kita masukan kedalam 1 wadah untuk kita tumbuk bersama hingga halus, berapa perbandingan cabai yang kita masukan adalah sesuai selera, semakin banyak kita menggunakan cabai, semakin pedas seblak yang kita hasilkan.

Setelah ditumbuk, kita panaskan minyak didalam penggorengan untuk selanjutnya kita tumis bumbu yang sudah kita siapkan sebelumnya, sehingga bau harum dari hasil gorengan bumbu sudah menyebar selanjutnya kita bisa menyiapkan kerupuk untuk dimasukan didalam penggorengan.

Cara membuat seblak kering memang harus dimulai dari bau harum bumbu yang kita siapkan sebelumnya, karena harum tersebut adalah tanda bahwa bumbu sudah matang dan siap untuk dimasukan kerupuk kedalam penggorengan, untuk di goreng dan diaduk hingga rata.

Yang perlu diingat dalam cara membuat seblak adalah, kerupuk tidak boleh terlalu matang, harus diatur kematangannya sehingga terlihat sedikit mentah, disitulah keutamaan dari seblak.

Setelah kita bisa memastikan bahwa seblak sudah hampir matang, kita bisa menyiapkan untuk dimasukan bumbu penyedap rasa sapi ataupun ayam, aduk hingga rata dan seblak siap dihidangkan.

Sekian cara membuat seblak kering kali ini, selamat mencoba.


Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
liya aliycia
AUTHOR
June 30, 2015 at 10:54 PM delete

sekarang mah jadi tahu dah cara membuat seblak kering, makasih

Reply
avatar